Saturday, September 21, 2019

Asal Mula Game Capsa Susun

Sumber Sejarah dan Penafsiran Basis Permainan Capsa Susun – Permainan capsa susun ialah salah satu variasi capsa yang mempunyai histori cukup tua, maka asal mula permainan ini sendiri sesungguhnya tetap misteri. Beberapa kubu percaya bahwa permainan ini mula-mula dibentuk oleh penduduk yang berasal dari Kawasan Asia Barat. Meski begitu, muncul juga yang meyakini bahwa permainan ini muncul dari China dikarenakan nama permainan ini sama dengan bahasa penduduk di China. Permainan ini diduga muncul pada ujung abad ke-17 atau permulaan abad ke-18. Bersamaan terlewatnya waktu, permainan ini pun mengikuti perkembangan, baik dari segi medium yang dipakai maupun ketentuan permainan.

Kenaikan Capsa Susun : Kuno dan Modern

Seperti sejumlah permainan lain, histori asal capsa susun ini lahir berkat tradisi penduduk. Berdasarkan teori beberapa ahli, permainan ini lahir selaku niat usaha masyarakat kala itu, tepatnya di wilayah China, untuk membuktikan penghormatan warga untuk para Dewa. Lambat laun, permainan ini pun semakin menjangkau masyarakat luar. Permainan yang asalnya bertujuan dipakai saat ritual kepercayaan, lalu ujungnya mulai beralih menjadi permainan untuk umum. Sejarah mencatat bahwa permainan ini ada muncul saat abad pemerintahan Kaisar Mu-Tsung, salah seorang penakluk negeri China pada jaman itu. Ada pula yang berpikir bahwa permainan ini diciptakan bertepatan dengan permainan sejenis saat itu, yaitu Pai Gow.

Kira-kira abad ke-19, permainan ini diduga sudah mencapai benua Eropa. Sekejap, permainan ini meluas di sebagian negara Eropa. Lambat laun, tradisi benua Eropa masuk menambah pertumbuhan permainan ini. Contoh akibat utama dari tradisi Eropa ialah ilustrasi Raja, Ratu, dan Jack yang tetap berlaku sampai saat ini. Sebenarnya masih tidak jelas identitas tokoh yang dijadikan ilustrasi di kartu-kartu capsa sampai waktu ini. Namun, diperkirakan wajah patokan untuk ilustrasi King, Queen, dan Jack dalam kartu capsa muncul dari Eropa.

Butuh waktu yang panjang untuk permainan ini untuk berkembang sejak diciptakan sampai meraih rupa final seperti yang kita ingat sekarang. Menurut histori, kayu adalah bahan pertama yang dipakai untuk membuat kartu capsa yang dipakai untuk permainan ini. Sebelum plastik sintetis dibentuk pada tahun 1907, bahan kayu dianggap jadi bahan yang paling tepat untuk membuat kepingan media permainan ini. Lambat laun, bersama dengan semakin disukainya permainan ini, mulai bertambah bahan pengganti lain, diantaranya plat tembaga. 

 

No comments:

Post a Comment